bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Saturday, June 25, 2011

e-TA PTK

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, akhirnya tugas e-TA ini dapat diselesaikan, e-TA ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas atas kesulitan belajar yang dihadapi siswa kelas VI SD Negeri 07 Pontianak Utara pada materi politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif.
                  Berdasarkan temuan tersebut maka penulis berusaha untuk mengadakan perbaikan yaitu dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan ala permainan jigsaw dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VI SD Negeri 07 Pontianak Utara.
Selesainya penyusunan e-TA ini karena banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu dalam kesempatan ini sudah selayaknya penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.      Bapak DR. Aswandi selaku Dekan FKIP UNTAN Pontianak
2.      Bapak Drs. Zainudin, M.Pd selaku ketua pengelola PJJ S1 PGSD
3.      Bapak Drs. Budiman Tampubolon, M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah e-TA
4.      Bapak Drs. Hery Kresnadi, M.Pd selaku dosen pembimbing e-TA Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
5.      Ibu Mamik Untaria, S.Pd.SD selaku supervisor selama PTK
6.      Ibu Dra. Nurlian Hidayat selaku Kepala SD Negeri 07 Pontianak Utara
7.      Rekan-rekan mahasiswa PJJ S1 PGSD UNTAN Pontianak
8.      Siswa-siswi kelas VI SD Negeri 07 Pontianak Utara
Penelitian tindakan kelas ini dalaksanakan dalam dua siklus setelah sebelumnya dilaksanakan refleksi awal. Hasil penelitian yang dilakukan dari refleksi awal sampai pada siklus kedua dapat disimpulkan terdapat peningkatan cara belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa pada materi politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif dengan menerapkan ala permainan jigsaw.
Dengan adanya penelitian tindakan kelas ini, diharapkan kepada guru-guru untuk dapat menerapkan tehnik belajar ala permainan jigsaw di kelas VI SD masing-masing.
Penulis menyadari, laporan ini masih belum sempurna. Oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun demi menyempurnakan tulisan ini sangat kami harapkan dari semua pihak. Penulis berharap semoga laporan e-TA penelitian tindakan kelas yang sederhana ini dapat berguna bagi kita semua.


                                                                 Pontianak,     Juni 2011

                                                                             Peneliti



No comments:

Post a Comment